Tinjauan Pasar

PT. Electronic City Indonesia Tbk (“Perseroan”) telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 12 tahun sejak dibukanya toko pertama di Jakarta pada tahun 2001 melalui GSC. Sejak berdirinya Perseroan pada tahun 2002 hingga 2008, setiap toko Perseroan dioperasikan melalui perusahaan terafiliasi, termasuk GSC, yang dilebur dengan Perseroan pada tahun 2008. Kantor pusat Perseroan yang juga merupakan toko pertama yang berdiri sendiri, berlokasi di SCBD, Jakarta. Di bawah ini merupakan sejarah singkat dan kejadian penting dalam perjalanan kegiatan usaha Perseroan:

  • 2001: Membuka toko pertama, yang merupakan toko utama dan berdiri sendiri di SCBD, Jakarta.
  • 2004: Memperluas jaringan toko di luar Jabodetabek dengan membuka toko pertama di Denpasar dan meluncurkan situs resmi Perseroan
  • 2007: Membuka toko pertama di wilayah Sumatera
  • 2012: Membuka EC outlet pertama
  • 2012: Membuka toko kedua yang berdiri sendiri di Bintaro
  • 2012: Membuka EC Outlet pertama Perseroan
  • 2012: Meluncurkan e-commerce di website Perseroan

Saat ini Perseroan mengoperasikan 36 toko di seluruh Indonesia, termasuk 21 EC Stores dan 15 EC Outlets, yang didukung oleh 6 gudang distribusi. Toko-toko Perseroan berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Purwakarta, Cimahi, Jatinangor, Solo, Medan, Denpasar, dan Balikpapan.

EC Stores
Perseroan mengoperasikan 21 EC Stores di bawah merek “Electronic City”. Toko-toko yang merupakan EC Stores memiliki target utama konsumen kelas menengah ke atas yang diyakini lebih memilih akses terhadap pilihan produk yang lebih luas dan layanan konsumen berkelas dalam lingkungan belanja yang modern. Semua EC Stores menggunakan skema bernuansa warna biru untuk tampilan dan penyajian produk. Pada umumnya, luas area penjualan bruto EC Stores berkisar antara 600 sampai dengan 2.500 m2, dengan EC Stores terbesar berlokasi di SCBD, Jakarta, dengan luas area penjualan bruto sekitar 4.130 m2. Saat ini, luas area penjualan bruto EC Stores secara keseluruhan sekitar 32.570 m2. Seiring dengan brand positioning Perseroan, sebagian besar EC Stores berada di lokasi strategis di dalam mal, ruko atau suatu toko yang berdiri sendiri (tidak tergabung dalam mal) di daerah utama dengan kepadatan penduduk yang relatif tinggi dan mudah diakses oleh konsumen. Saat ini, sebanyak 17 dari 21 EC Stores berada di dalam mal, dua toko berdiri sendiri dan dua terletak di dalam ruko. Semua toko yang dimiliki Perseroan, kecuali toko yang berlokasi di Bintaro yang dibuka pada Oktober 2012, terletak di lokasi sewa. Rincian mengenai EC Stores tercantum di bawah ini:
ECSTORE-R

EC Outlets
Perseroan mengoperasikan 15 EC Outlets di bawah merek “Electronic City Outlet”. Toko-toko EC Outlets memiliki target utama konsumen tingkat pemula dan kelas menengah yang Perseroan percaya akan tertarik pengalaman berbelanja yang modern serta ragam produk yang lebih terjangkau. Seluruh EC Outlets menggunakan skema bernuansa warna merah untuk penyajian dan tampilan produk. Luas area penjualan bruto EC Outlets berkisar antara 350-700 m2 dengan EC Outlets terbesar berada di Denpasar dengan area penjualan bruto sekitar 868 m2. Saat ini, area penjualan bruto EC Outlets secara keseluruhan berkisar 7.136 m2. Perseroan memposisikan EC Outlets di lokasi yang dipercaya merupakan daerah maju dan akan berkembang cepat, yang didalamnya termasuk mal dan ruko terutama di area perumahan. Saat ini sebanyak 11 dari 15 EC Outlets tersebut terletak di dalam mal dan 4 diantaranya terletak di dalam ruko. Rincian mengenai EC Outlets Perseroan tercantum di bawah ini:
ECOUTLET-R

E-Commerce
Baru-baru ini Perseroan memulai penjualan produk secara online melalui situs resmi Perseroan. Tujuan utama dari e-commerce adalah untuk memperkuat citra Perseroan secara online dan untuk menjaring konsumen yang lebih memilih untuk membeli produk secara online. Pilihan produk untuk toko online difokuskan pada produk-produk mudah terjual dan dikirim seperti telepon selular dan kamera. Harga produk online tidak berbeda dengan harga di toko Perseroan dan pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dan debet. Perseroan juga menyediakan layanan bernilai tambah bagi konsumen online Perseroan yang sama dengan konsumen toko Perseroan seperti jasa pengiriman produk ke rumah, instalasi dan layanan bernilai tambah lainnya.

Alamat

Head Office :
PT Electronic City Indonesia Tbk.
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Lot 22
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190 - Indonesia
Website: www.electronic-city.com

Kalender

July 2019
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031