ELECTRONIC CITY UNTUK PERTAMA KALINYA MENERIMA PENGHARGAAN: ‘INDONESIA ORIGINAL BRAND 2016’

Jakarta, 13 Juni 2016 – Pada hari Rabu lalu (8 Juni 2016), Electronic City hadir dan untuk pertama kalinya menerima penghargaan ‘INDONESIA ORIGINAL BRAND (IOB) 2016’, untuk kategori Ritel Elektronik. Adapun ketegori Ritel Elektronik sendiri merupakan kategori baru yang dimasukkan pada suvey tahun 2016 ini. IOB 2016 beranggotakan 250 merek asli Indonesia yang tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Merek terpilih adalah yang memiliki Indeks IOB tertinggi di masing-masing kategorinya. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Bapak Kusnan M Djawahir selaku Wakil Pemimpin Redaksi SWA dan Bapak Rohmat Purnadi selaku Head of Research Busines Digest kepada Bapak Manael Sudarman selaku General Manager Marketing Communication PT Electronic City Indonesia Tbk.

Indeks IOB didapatkan dari hasil survey yang dilakukan oleh Majalah SWA dan Lembaga riset Busines Digest dengan metode multistage random sampling sebesar 40,6% (dilakukan tanggal 1-19 Februari 2016) dan booster sampling sebesar 59,4% (7-22 Februari 2016) kepada sebanyak 5.070 orang responden terdiri dari 28,6% pria dan 61,4% wanita yang berada di wilayah Jabodetabek (30,8%), Surabaya (13,9%), Medan, Bandung, Semarang, Makasar dengan presentase masing-masing adalah 13,8%.

Penentuan Indeks IOB dihasilkan dari empat parameter yang disurvei yaitu: Satisfaction (kepuasan), Loyalty (loyalitas), Advocacy (advokasi) dan Foreign Local Comparison (FLC). Variable terakhir ini (FLC) ini mengukur tingkat keyakinan konsumen bahwa merek local tetap lebih baik dibanding merek asing. Lalu bagaimana kemungkinan konsumen tetap membeli dan merekomendasikan merek local yang sekarang dikonsumsi sekalipun ke depan akan muncul banyak merek asing.

Terpilihnya Electronic City sebagai salah satu brand di IOB 2016 tidak terlepas ke-asli-an merek Electronic City sehingga masuk dalam kriteria sebuah merek dapat masuk ke dalam survey IOB diantaranya adalah: Lahir & dipatenkan di Indonesia; Merek telah berusia minimum lima tahun; Kinerja merek tersebut dapat dibanggakan (pemain top di industrinya); Ada konsep R&D produksi dan branding yang jelas. Hasil survey IOB ini bisa melihat merek-merek asli Indonesia yang sukses di pasar karena memiliki kinerja yang bagus, pangsa pasar signifikan, brand awarenes merek tinggi dan telah survive serta tidak kalah bersaing dengan
merek asing (global). Berdasarkan hasil survei tersebut, Electronic City berhasil mencapai Indeks IOB 7,41 yang merupakan sebuah prestasi hebat ditengah fragmentasi pasar dan ini merupakan modal untuk mencapai loyalitas cukup besar.

“Terpilihnya Electronic City untuk menerima penghargaan Indonesia Original Brand (IOB) 2016 merupakan kebanggan tersendiri bagi Electronic City. Menjadi brand dengan Indeks IOB tertinggi untuk ketegori Ritel Elektronik, Electronic City percaya bahwa merek local masih sangat siap untuk bersaing dengan merek asing sehingga tetap berjaya di negeri sendiri. Ditengah kondisi market yang sulit saat ini, Indeks IOB merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan komunikasi pemasaran yang sudah kami lakukan selama ini.” ujar Manael Sudarman, General Manager Marketing Communication PT Electronic City Indonesia Tbk.

“Mencapai usia 14 Tahun dalam perjalanan bisnis industri retail elektronik modern di Indonesia, Indonesia Original Brand 2016 merupakan bentuk penghargaan bagi seluruh tim di Electronic City sebagai perusahaan ritel elektronik lokal di Indonesia.” tutup Manael.

****

Electronic City
PT Electronic City Indonesia, Tbk. (kode saham: ECII), adalah pelopor retail elektronik modern di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2001. Saat ini ECII sudah mengoperasikan lebih dari 60 gerai yang tersebar di 24 kota dalam 15 propinsi di seluruh Indonesia. Electronic City menawarkan lebih dari 250 merek-merek elektronik terkemuka yang tersedia dalam empat kategori utama: audio-video, home appliances, mobile devices dan gadgets, serta IT/office equipment.

Electronic City juga memelopori untuk memberikan layanan nilai tambah kepada konsumen dalam bentuk angsuran bebas bunga, garansi 14-hari penggantian barang rusak (kecuali wilayah Batam), gratis asuransi bencana kebakaran, gratis asuransi bencana badai & petir, gratis asuransi banjir, pengiriman gratis di radius tertentu, gratis pemasangan, pilihan trade-in, layanan purna jual yang terjamin serta berbagai pilihan pembayaran dan pembiayaan konsumen (syarat dan ketentuan berlaku).

Social Media
Twitter: @electronic_city
Facebook: Electronic City Indonesia
Instagram: @electroniccityid

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Trias Katerina
Public Relations
Office: +62 21 5151177
Email: trias.katerina@electronic-city.co.id

Alamat

Head Office :
PT Electronic City Indonesia Tbk.
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Lot 22
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta Selatan 12190 - Indonesia
Website: www.electronic-city.com

Kalender

November 2017
M T W T F S S
« Aug    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930